Patut Dicontoh, Kades Melantik dan Mengambil Sumpah Ketua RT Terpilih

SIGERLINKCOM | Kepala Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran Rio Remota S.P.,  melantik 34 Ketua Rukun Tetangga (RT) Se-Desa Hanura untuk masa bhakti 2023-2025 di gedung sanggar Mangliawan Desa Hanura, Senin (9/1/2023) kemarin.

Sebelum dilantik, 34 Ketua RT tersebut juga diambil sumpah dan janji kerjanya selama mengemban tugas sebagai Ketua RT periode 2023-2025.

Sebelum mengambil sumpah dan janji para ketua RT, Kepala Desa Hanura terlebih dahulu menanyakan kesediaan para Ketua RT tersebut dan mengingatkan bahwa sumpah dan janji tersebut akan dipertanggungjawabkan.

“Saya ingatkan bahwa sumpah yang akan saudara ucapkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tanggung jawab menjaga dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 45 dan sumpah ini sumpah saudara terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Manusia yang harus ditepati dengan rasa kejujuran dan keikhlasan,” ucap Rio.

Acara pelantikan itu sendiri dihadiri oleh Camat Kecamatan Teluk Pandan Edy Sutrisno, Badan Perwakilan Desa (BPD), dan unsur Lembaga Desa lainnya.

Edy Sutrisno selaku Camat Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas pelantikan Ketua RT di Desa Hanura yang telah melalui berbagai tahapan.

“Suksesi Pemilihan Ketua RT serentak di Desa Hanura ini seperti pelaksanaan Pilkades dan Pilkada, kali pertama di Kabupaten Pesawaran, khususnya di Kecamatan Teluk Pandan, semoga bisa diikuti oleh desa – desa lainya,” ujar Edy.

Edy Sutrisno juga mengatakan bahwa, Rukun Tetangga ini adalah Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang berdekatan langsung dengan masyarakat selayaknya pemilihan Ketua RT dilaksanakan dan dilantik seperti ini.

“Suksesi ini bentuk keseriusan Pemerintah Desa Hanura, guna meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Masyarakat (SDM) terhadap partisipatif dan pelayanan ke masyarakatnya,” ucap Edy.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Desa Hanura, Rio Remota menjelaskan pelantikan ini pasca Pemilihan Ketua RT dari empat Dusun yang digelar serentak pada bulan November hingga Desember Tahun 2022 yang lalu.

“34 Ketua RT yang dilantik itu telah melalui proses tahapan sebagaimana pelaksanaan Pilkades, dan Pilkada,” jelas Rio.

Masih menurut Rio,  suksesi pemilihan Ketua RT serentak di Desa Hanura ini sebagai bentuk upaya meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap pelayanan masyarakat di level bawah yakni dari Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD).

“Pelaksanaan Pemilihan RT ini digelar dengan mengedepankan azas demokrasi dan gotong royong. Dari masyarakat untuk masyarakat, karena ini satu – satunya di Pesawaran, semoga bisa di contoh bagi desa – desa lainnya,” katanya.

Selain itu, Rio juga berharap kepada 34 Ketua RT yang dilantik agar bisa menjaga kekompakan dan kerukunan masyarakat sebagai jembatan dan garda terdepan pemerintah desa Hanura.

“Semoga 34 Ketua RT yang baru dilantik ini bersinergi bersama kepala dusun dan aparatur desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat secara terbuka dan transparan, siap menerima kritik dan saran masyarakatnya, serta selalu menjaga kerukunan dan kedamaian di tengah masyarakat,” Pungkas Rio.

Usai acara pelantikan diadakan fhoto bersama dan ucapan selamat kepada para Ketua RT yang baru saja dilantik dari Kepala Desa Hanura beserta Stafnya dan dari Camat Kecamatan Teluk Pandan. |  Feby.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *