Ukuran Header Google Formulir

Mengetahui ukuran header google formulir atau form merupakan hal yang sangat penting agar formulir yang anda buat nantinya lebih rapih dan menarik. Lalu berapa ukuran header google formulir yang benar? Silahkan simak ulasan berikut serta cara membuatnya.

Google memang mempunyai segudang fitur yang dapat memudahkan para penggunanya. Salah satu fitur yang cukup penting dan banyak digunakan saat ini adalah google form untuk membuat berbagai formulir seperti formulir pendaftaran, informasi kontak dan lain sebagainya.

Untuk melakukan desain pada Googel Form, sebenarnya terdapat beberapa pilihan Theme Option yang sudah tersedia dan siap untuk digunakan seperti Theme Color, Background Color, Font Style dan Header. Masing-masing theme option tersebut tentunya memiliki fungsinya masing-masing.

Header yang ada pada Google Form selain digunakan untuk estetika atau keindahan, juga berfungsi untuk menjelaskan kepada pengunjung mengenai isi google form yang telah anda buat dengan menggunakan media gambar agar terlihat lebih jelas dan  juga menarik.

Google Formulir juga sebenarnya telah menyediakan berbagai macam pilihan header yang bisa anda semua pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun biasanya informasi mengenai ukuran header nya tidak terlalu jelas, karna itu disini saya akan membahas ukuran header google formulir.

Ada beberapa pilihan kategori dari header yang ada di google formulir yakni sebagai berikut:

Work and School
Ilustrations
Birthday
Food and dining
Party
Just kids
Wedding
Night out

Ukuran Header Google Formulir

Berapa ukuran header Google Formulir yang ideal? Perlu anda semua ketahui, Ukuran header Google Form yang paling sesuai dan juga direkomendasikan agar gambar terlihat bagus dan juga rapih adalah 1600 x 400 px (pixels) atau dalam satuan cm nya adalah 42,3 x 10,58 cm.

Baca Juga: Cara Share Link Google Drive

Ukuran tersebut menjadi salah satu ukuran terbaik untuk menampilkan header yang ada di Google Form. Apabila anda mengupload image dengan ukuran yang tidak sesuai denga ukuran rekomendasi, maka Google akan memerintahkan anda untuk memangkasnya menjadi 1600 x 400 px.

Image pada header google form juga bisa anda rubah menggunakan aplikasi seperti Corel draw, Photoshop dan beberapa aplikasi lainnya. Pastikan juga menggunakan ukuran terbaik dan rekomendasi yakni 1600 x 400 px sedangkan untuk ukuran cm nya adalah 42,3 x 10,58 cm.

Pastikan juga anda menggunakan gambar yang ukurannya benar-benar asli dan bukan hasil dari resize sehingga gambar yang anda upload nantinya tidak pecah dan bagus. Selain itu, gunakan juga gambar yang ukuran file nya tidak terlalu besar agar loading masuknya cepat.

Selain beberapa ukuran rekomendasi diatas, ada beberapa ukuran header google formulir yang bisa menjadi alternatif jika anda merasa ukuran diatas kurang sesuai. Nah berikut beberapa ukuran alternatif yang bisa anda gunakan.

Lebar
Tinggi

1600 px
400 px

1024 px
256 px

800 px
200 px

640 px
160 px

320 px
80 px

Alternatif ukuran diatas bisa menjadi salah satu acuan anda dalam membentuk desain header pada google form. Namun ada satu hal yang perlu anda perhatikan adalah, semakin kecil dimensi gambar yang Anda gunakan, maka kualitasnya juga akan semakin berkurang.

Jenis Header Google Form

Ada beberapa jenis dan juga macam format header yang ada pada Google Formulir. Namun secara umum, format header yang sering digunakan ada 3 macam yaitu header dari theme, header yang dapat Anda upload sendiri dan juga header yang berasal dari google photos.

Baca Juga: Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Untuk header dari theme ini bisa langsung anda gunakan karena sudah disediakan secara default oleh google form, kemudian header yang anda upload sendiri yakni yang berasal dari galeri hp dan juga header dari google photos yang langsung terhubung dengan file di google photos Anda.

Jika Anda ingin menggunakan desain untuk keperluan header Anda sendiri, Anda bisa membuatnya sendiri lalu kemudian mengupload nya melalui menu upload pada bagian select header. Sebelum membuat desain sendiri, pastikan dahulu Anda mengetahui ukuran header Google Form agar sesuai.

Cara Membuat Google Formulir

Sebenarnya, cara membuat google formulir atau form sangatlah mudah. Karna disini anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi seperi Google Slide, Power Point, canva ataupun beberapa aplikasi lain. Sebagai contoh, disini saya memberikan dua langkah yang bisa anda semua ikuti.

Melalui Google Slide

Langkah pertama cara membuat google formulir yakni dengan Google Slide. Selain bisa membuat, anda juga dapat membuat ukuran header Google Formulir sendiri. Langkahnya pun sangat mudah, yakni sebagai berikut:

Pertama, silahkan buka GoogleDrive
Setelah itu klik New
Kemudian lanjut dengan klik Google Slide
Lalu klik blank atau presentasi kosong untuk membuat gambar header baru
Selanjutnya, silahkan anda atur ukuran gambar menjadi 42,3 x 10,58 cm atau 1600 x 400 px untuk ukuran header Google Formulir terbaik
Edit header tersebut lalu sesuaikan dengan gambar yang sesuai dengan kebutuhan anda
Setelah itu, export gambar dengan cara klik file lalu Download
pilih format gambar yakni JPEG atau PNG
Namun Jika anda ingin kualitas nya bagus, maka pilih format PNG
Selesai

Melalui PowerPoint

Selain melalui google slide, membuat google formulir juga bisa dilakukan dengan mudah melalui Power Point. Untuk langkah-langkahnya sendiri kurang lebih sama, nah untuk lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, silahkan buka aplikasi PowerPoint
Setelah itu, klik New untuk membuat file baru
Selanjutnya klik blank atau pada bagian presentasi kosong
Kemudian atur ukuran slide tersebut menjadi 42,3 x 10,58 cm atau 1600 x 400 px untuk ukuran header Google Formulir terbaik nya
Anda juga bisa merubah gambar sesuai dengan kebutuhan
Untuk menyimpan gambar, klik File lalu pilih Save As
Jangan lupa Pilih format JPEG atau PNG
Agar lebih terang dan jelas, silahkan pilih PNG
Terakhir klik Simpan.

Melalui Photoshop

Yang terakhir ini menggunakan aplikasi Photosop. Dengan menggunakan aplikasi ini, header yang anda buat akan jauh lebih keren lagi karna didukung dengan beberapa fitur keren didalam nya. Adapun cara menggunakannya yakni sebagai berikut.

Pertama, silahkan buka aplikasi PhotoShop
Setelah itu, klik ctrl + n, lalu atur pada bagian width dengan 1600 dan pada height isi 400, lalu pilih pixels untuk ukuran keduanya
Pada tahap ini, lembaran telah sesuai dengan ukuran header google formulir
Disini tinggal anda lakukan kreasi sebagus mungkin
Setelah desain yang anda buat telah jadi, silahkan upload ke google form
Langkahnya yakni klik ikon tema lalu pilih lagi Header > Pilih Gambar > Unggah
Disini silahkan tunggu prosesnya hingga selesai

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai ukuran header google formulir dan cara membuat google nya yang perlu anda ketahui. Bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu nantinya anda tidak perlu bingung lagi jika dilain waktu ingin membuat form baru dengan bantuan google formulir.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna google formulir lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya sampaikan diatas tadi. Terimakasih

Tinggalkan Balasan