Cara Menonaktifkan WA Sementara

Whatsapp atau yang biasa disebut dengan WA merupakan salah satu aplikasi populer saat ini. Disuatu kondisi mungkin anda merasa terganggu dengan notifikasi Whatsapp saat ada pesan masuk dari grub atau lain sebagainya. Karna itu, maka anda perlu tau cara menonaktifkan wa sementara.

Hal tersebut dimaksutkan agar notifikasi chat yang masuk melalui Whatsapp dapat di berhentikan terlebih dahulu untuk sementara. Karna sifatnya sementara, maka anda dapat menaktifkan kembali aplikasi Whatsapp saat diperlukan tanpa membuat ulang akun WA baru.

Tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan jika disaat anda sedang ingin melakukan istirahat sejenak namun terdengar suara notifikasi WA yang beruntun. Hal seperti inilah yang menyebapkan pengguna WA ingin menonaktifikan aplikasinya sementara.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan wa sementara, seperti menggunakan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi. Sebenarnya cara menonaktifkan wa sementara bisa anda lakukan melalui hp langsung karna memang sudah tersedia fiturnya.

Bagi penggun awam yang belum mengetahui hal ini, tentu saja mengangap cara menonaktifkan wa sementara sulit untuk dilakukan. Padahal jika pengguna tau langkahnya sangat lah mudah. Nah bagi anda yang belum mengetahui hal tersebut, simak langkah dibawah ini.

Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Aplikasi

Jika anda tidak mau ribet menginstall aplikasi tambahan terlebih dahulu, cara menonaktifkan wa sementara tanpa aplikasi berikut bisa anda lakukan dengan mudah melalui perangkat hp langsung. Agar lebih jelasnya mengenai hal tersebut, simak langkahnya dibawah ini.

Melalui Hp Android

Karna bisa dilakukan melalui Android, maka anda dapat mengaplikasikan langkah dibawah ini dengan menggunakan hp Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi dan lain sebagainya. Android sendiri telah menyediakan fitur untuk menonaktifikan atau memberhentikan aplikasi secara sementara.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus

Nama fiturnya yakni Force Stop yang dapat digunakan untuk memberhentikan kinerja aplikasi secara paksa. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka aplikasi tidak akan berjalan hinga anda sendiri mengembalikannya. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Pertama. silahkan masuk ke Pengaturan
Silahkan scrol kebawah lalu pilih Menejer Aplikasi
Kemudian pilih tap Aplikasi yang sedang berjalan
Akan tampil beberapa aplikasi yang sedang berjalan di hp anda
Lalu cari aplikasi Whatsapp
Masuk ke aplikasi tersebut, lalu tap Paksa Berhenti
Akan muncul menu konfirmasi, silahkan pilih OK
Selesai

Pada tahap ini cara menonaktifkan wa sementara sudah berhasil anda lakukan. Meski langkah diatas dilakukan melalui hp samsung, namun secara umum langkahnya tidak jauh berbeda dengan beberapa tipe hp lainnya. Anda hanya perlu mencari fitur paksa berhenti pada aplikasi WA saja.

Melalui Hp iPhone

Selain melalui Android, cara menonaktifkan wa sementara juga bisa anda lakukan melalui iPhone. Meski secara teknis perangkat iPhone dibatasi untuk melakukan beberapa hal diluar kendali sistem, namun untuk menonaktifkan wa sementara pihak iPhone menyediakan fiturnya.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan Berwarna Di Whatsapp

Hal yang berhubungan dengan pekerjaan tentu akan sangat risih jika banyak notif wa yang masuk. Jika anda pengguna iPhone, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal ini, yakni sebagai berikut:

Buka menu Settings
Buka daftar aplikasi yang terinstall lalu pilih Whatsapp
Kemudian pada bagian Allow Notification silahkan gulir ke kanan untuk meng-ON kan
Selesai

Meski tidak menonaktifikan wa secara sementara, namun dengan metode ini setidaknya notifikasi yang ada pada aplikasi WA tidak akan tampil lagi. Dan jika anda ingin mengembalikannya lagi, cukup lakukan langkah diatas lalu gulir fitur Allow Notification ke OFF.

Cara Menonaktifkan WA Sementara Dengan Aplikasi

Jika anda lebih prepare apabila menggunakan aplikasi, mungkin karna lebih worth it terutama dari segi fitur dan lain sebagainya maka langkah dibawah ini cocok untuk anda lakukan. Aplikasi yang bisa anda gunakan ialah Greenify dan juga Hibernator.

Menggunakan Aplikasi Greenify

Jika anda merasa kurang puas dengan beberapa langkah diatas, cara menonaktifkan wa sementara juga bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi yang dapat anda pergunakan ialah Greenify dan bisa langsung didownload melalui play store.

Baca Juga: Cara Agar Status Whatsapp Tidak Pecah

Aplikasi Greenify ini sebenernya sering digunakan untuk melakukan hibernasi pada aplikasi Whatsapp. Namun saat ini, aplikasi Greenify sudah bisa dipergunakna untuk berbagai hal termasuk menonaktifkan WA sementara. Adapun langkah-langkanya yakni sebagai berikut:

Terlebih dahulu download aplikasi Greenify
Kemudian buka aplikasi tersebut setelah ter-install
Pada halaman utama aplikasi, klik Next lalu pilih My Device Is Not Root
Setelah itu, silahkan beri centang pada Yes, I use it daily
Jangan lupa aktifkan terlebih dahulu Aksesibilitas
Lalu tap Grant Permision
Anda akan diminta untuk memberikan izin akses data, silahkan izinkan
Kemudian aktifkan tombol nya dengan tap hingga berwarna hijau
Selanjutnya kembali ke tampilan utama Greenify
Jika sudah melakukan setting tap Finish
Lanjut dengan Tap ikon tambah (+)
Lalu pilih aplikasi WhatsApp dengan memberikan centang
Setelah itu Tap tombol Zzz
Kemudian akan tampilkan beberapa notifikasi jika memilih opsi tersebut
Selesai

Dengan mengikuti beberapa langkah diatas, maka cara menonaktifkan wa sementara telah berhasil anda lakukan. Jika anda ingin mengembalikan aplikasi Whatsapp ke kondisi yang semula, maka anda hanya perlu melakukan tap pada aplikasi Whatsapp.

Menggunakan Aplikasi Hibernator

Cara menonaktifkan wa sementara selanjutnya yakni dengan menggunakan aplikasi Hibernator. Kurang lebih sama seperti aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, dengan aplikasi ini anda dapat menonaktifkan notifkasi Whatsapp untuk sementara waktu.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan Unik Di Whatsapp

Selain itu ada beberapa fitur yang dimiliki Hibernator dan tidak dimiliki oleh aplikasi Greenify, seperti fitur untuk menonaktifkan banyak aplikasi sekaligus. Adapun cara menggunakannya yakni sebagai berikut:

Terlebih dahulu download aplikasi Hibernator di play store
Kemudian buka aplikasi tersebut setelah ter-install
Lalu scrol kebawah dan temukan Launched Apps
Setelah itu pilih aplikasi Whatsapp
Jangan lupa aktifkan menu Aksebilitas agar aplikasi berjalan dengan sempurna
Berikan izin juga pada akses data hp
Jika ingin mematikan notifikasi WA, silahkan langsung tap pada aplikasi Whatsapp
Namun apa bila anda ingin mengaktifkan kembali, silahkan tap lagi pada aplikasi tersebut
Selesai

Alternatif Lain Cara Menonaktifkan WA Sementara

Jika menurut anda beberapa langkah diatas cukup merepotkan karna perlu menginstall beberapa aplikasi dan lain sebagainya, maka ada opsi alternatif cara menonaktifkan wa sementara yang bisa anda lakukan yakni sebagai berikut:

Matikan Notifikasi Lampu LED pada hp
Gunakan nada dering pemberitahuan tanpa suara pada Whatsapp
Aktifkan mode tanpa suara di hp
Matikan data seluler jika tidak diperlukan
Matikan perangkat seluler
Uninstall aplikasi Whatsapp sementara waktu, dan install kembali jika diperlukan
Jika notifikasi WA yang muncul banyak berasal dari grub, anda bisa kluar dari grub tersebut

Beberapa langkah alternatif diatas selain simpel juga cukup ampun untuk meredam notifikasi wa yang sering kali bunyi dan membuat anda merasa terganggu. Meski tidak menonaktifikan wa sementara secara langsung, namun alternatif diatas cukup worth it untuk anda lakukan terlebih dahulu.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara menonaktifikan WA sementara, bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi jika dilain waktu ingin menonaktifkan aplikasi Whatsapp saat tidak diperlukan untuk jangka waktu tertentu.

Demikian pemabahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna Whatsapp lainnya dapat mengetahui beberapa informasi yang telah saya sampaikan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *