Cara Agar Status Whatsapp Tidak Pecah

Jengkel gak sih kalo upload status WA baik foto atau video namun hasilnya jadi burik bahkan pecah? Jika ia, maka ada beberapa cara agar status whatsapp tidak pecah yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di play store.

Hal ini sebenarnya terjadi karena sistem pada aplikasi Whatsapp secara otomatis melakukan kompresi pada gambar atau video yang di upload. Itulah mengapa foto atau video yang telah di upload ke WA akan terlihat pecah sehingga bikin tidak nyaman saat dilihat.

Whatsapp kini menjadi salah satu aplikasi sosial media yang begitu populer di seluruh dunia. Berkat kepopuleran ini lah, banyak orang selalu mengupload segala aktifitasnya baik foto ataupun video melalui status Whatsapp, maksutnya yakni agar dilihat pengguna lain.

Meski menjadi aplikasi populer, Whatsapp sendiri belum memiliki fitur yang dapat mengupload foto atau video originalnya. Karna itu, anda perlu melakukan cara agar status whatsapp tidak pecah dengan melakukan kompresi terlebih dahulu pada foto atau video yang akan di upload.

Dengan begitu, pihak whatsapp tidak akan mengkompress foto atau video anda lagi saat diupload. Nah dari pada bingung mengenai bagaimana langkahnya, silahkan simak cara agar status whatsapp tidak pecah dibawah ini dengan menggunakan aplikasi.

Cara Agar Status Whatsapp Tidak Pecah (Foto)

Langkah pertama ini yakni dengan menggunakan aplikasi bernama Lit Photo. Aplikasi ini tersedia di google play store untuk perangkat android, jadi untuk pengguna iPhone maka tidak bisa mengikut langkah-langkah dibawah ini.

Baca Juga: Cara Buat Stiker Whatsapp

Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan yakni  4 MB saja. Bukan itu saja, aplikasi ini bisa anda download dan gunakan secara gratis. Aplikasi Lit Photo ini mampun mengkompres foto anda jauh lebih kecil sehingga cocok untuk digunakan.

Lit Photo memiliki tiga fitur utama bernama Compress Photos, resize Photos dan juga Crop Photos. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan menggunakan fitur bernama Compress Photos untuk mengkompress foto yang akan anda upload. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, silahkan buka aplikasi Lit Photo
Kemudian pilih menu Compress Photos
Setelah itu cari foto yang akan anda upload ke status Whatsapp
lanjut dengan klik Centak pada bagian pojok kanan atas jika foto yang anda pilih telah ditemukan
Pada menu settingan, pilih tap SIZE lalu pada bagian Select Size atur menjadi 149kb. Ingat!! jangan lebih dari ukuran tersebut
Setelah semua selesai diatur, langsung saja klik Start Compressing
Tunggu proses nya beberapa saat
Selesai

Pada tahap ini anda telah selesai mengatur foto agar nantinya tidak pecah saat dibuat status whatsapp. Namun apabila ukuran foto yang anda upload besar dan setelah di kompress malah jadi burik banget maka ada alternatif lain yang bisa anda lakukan.

Yakni dengan cara meng-screnshoot foto yang akan dijadikan status lalu crop foto tersebut secukupnya dan lakukan langkah-langkah diatas lagi. Dengan metode ini, cara agar status whatsapp tidak pecah sangat efektif sekali untuk dilakukan.

Cara Agar Status Whatsapp Tidak Pecah (Video)

Sama seperti langkah sebelumnya, namun cara agar status whatsapp tidak pecah selanjutnya hanya berlaku untuk status yang berupa video. Aplikasi yang digunakan pun berbeda yakni menggunakan aplikasi Video Panda yang tersedia di google play store untuk pengguna Android.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan Unik Di Whatsapp

Untuk cara kerja aplikasinya hampir sama seperti Lit Photos hanya saja aplikasi Video Panda ini dikhususkan untuk video saja. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengkompress video menjadi ukuran yang lebih kecil. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Pertama, silahkan anda buka aplikasi Video Panda
Kemudian pilih video mana yang akan anda kompress
Jika sudah ketemu, langsung saja klik Next pada bagian pojok kanan bawah
Pada menu pengaturan kompress video, silahkan pilih ukuran 720p (small file) atau 1080p (medium file)
Setelah semua diatur, klik Compress 
Tunggu prosesnya beberapa saat
Selesai

Pada tahap ini video anda telah berhasil di kompres dan akan aman jika nantinya anda upload ke status whatsapp. Cara diatas memang sedikit meribetkan, namun langkah diatas cukup berhasil untuk mengetasi status whatsapp agar tidak pecah saat dilihat oleh pengguna lain.

Alternatif Lain!! Cara Agar Status Whatsapp Tidak Pecah

Jika menurut anda langkah diatas cukup ribet dan kurang efektif jika dilakukan, maka langkah alternatif kali ini bisa anda lakukan dengan mudah sebelum mengupload status WA agar tidak pecah. Langkah yang dilakukan yakni dengan menggunakan instagram, tiktok dan aplikasi WA langsung.

Langkahnya pun sangatlah mudah, yakni sebagai berikut:

Dengan Menggunakan Instagram

Alternatif cara agar status whatsapp tidak pecah pertama yakni dengan memanfaatkan aplikasi instagram dengan fitur instagram story nya. Seperti kita ketahui, pihak IG mengizinkan para penggunanya untuk mendownload konten yang telah dibuat melalui aplikasi instagram.

Baca Juga: Cara Membuat Link Whatsapp

Karna hal inilah, anda bisa memanfaatkan nya untuk mengupload status WA agar tidak pecah. Langkahnyapun mudah, yakni sebagai berikut:

Buka aplikasi instagram
Setelah itu pergi ke instagram story
Disini silahkan anda ambil foto ataupun video
Berikan efek, sticker dan lain sebagainya jika diperlukan
Setelah selesai, silahkan simpan hasilnya
Kemudian langsung saja upload di status whatsapp
Selesai

Dengan Menggunakan Tiktok

Hampir sama seperti langkah alternatif pertama, cara agar status whatsapp tidak pecah bisa anda lakukan dengan aplikasi tiktok. Meski lumayan cukup ribet juga, namun metode ini sangat worth it untuk anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya:

Buka aplikasi tiktok
Kemudian ambil video dengan menggunakna aplikasi tiktok
Setelah itu berikan efek dan lain sebagainya jika diperlukan
Setelah video nya jadi langsung saja anda simpan ke galeri
Terakhir tinggal upload saja ke status Wa
Selesai

Dengan Whatsapp Langsung

Karna pihak Whatsapp telah menyediakan fitur yang dapat penggunanya gunakan untuk membuat status secara langsung, maka fitur tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuat status whatsapp agar tidak pecah setelah terposting. Berikut langkah-langkahnya

Buka aplikasi Whatsapp
Masuk ke tap Status
Kemudian klik ikon kamera pada bagian kanan bawah
Disini silahkan ambil objek yang ingin anda jadikan status baik foto ataupun video
Berikan efek, stiker, kata-kata dan lain sebagainya jika diperlukan
Setelah semuanya selesai silahkan langsung saja upload
Selesai

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara agar status whatsapp tidak pecah, bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi jika dilain waktu ingin mengupload status di whatsapp baik foto atau video karena tidak akan burik lagi.

Demikain pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna whatsapp lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang sudah saya berikan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *